1. Grafika Komputer
Grafika Komputer / Compueter Graphics adalah seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan film animasi.
  1. Elemen Gambar
Untuk Menciptakan Gambar dalam Komputer dengan Primitif Grafik Dasar yaitu:
  • Titik
  • Garis
  • Segiempat
  • Lingkaran
  1. Peranan &Penggunaan Grafika Komputer
  • Digunakan dalam bidang seni, bisnis, pendidikan dan hiburan:
  • Antar muka pengguna
  • Perpetaan (Cartography)
  • Kesehatan
  • Computer Aided Design (CAD)
  • Sistem Multimedia
  • Presentasi Grafika untuk Produksi Slide
  • Sistem Paint
  • Presentasi Data Saintifik
  • Simulasi / Pelatihan
  • Aplikasi Lain
  1. GLUT (OpenGL Utility Toolkit)
GLUT Dikembangkan oleh Mark Kilgard. GLUT merupakan pengembangan dari OpenGL dimana memiliki keunggulan sebagai berikut:
  1. Mudah, portable window manager, menggunakan callback functions untuk menambahkan interaksi dari user.
  2. Didesain untuk aplikasi dengan level kecil hingga menengah.
  3. Distribusi library bebas tetapi tidak open source.
OpenGL adalah suatu graphics library yang sebagian bersifat open source, dapat dipakai pada banyak platform(windows, linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler seperti C++ dan Delphi. OpenGL (Open Graphics Library) adalah antarmuka pemrograman aplikasi (aplication programinginterface / API) yangtidak tergantung pada piranti dan platform yang digunakan. OpenGL digunakan secara luas bagi pemrograman aplikasi grafika komputer dan dapat dipakai pada banyak platforms (contoh Windows dan Linux). Paket yang digunakan untuk praktikum ini adalah  OpenGL dengan Visual C++.
Dikembangkan oleh Mark Kilgard. GLUT merupakan pengembangan dari OpenGL dimana memiliki keunggulan sebagai berikut:
  • Mudah, portable window manager, menggunakan callback functions untuk menambahkan interaksi dari user.
  • Didesain untuk aplikasi dengan level kecil hingga menengah.
  • Distribusi library bebas tetapi tidak open source.
  1. Pemrograman berbasis event
GLUT pada dasarnya dibangun untuk menciptakan aplikasi grafis menggunakan pemrograman yang bersifat prosedural. Di dalamnya terdapat fungsi main loop yang diatur oleh GLUT dan looping yang terjadi dalam aplikasi bertujuan untuk penanganan fungsi-fungsi callback sebagai input dari user seperti fungsi redraw, mouse, keyboard, joystick, dll.
  1. Penggambaran Primitif Grafik Dasar
OpenGL menyediakan banyak fungsi untuk kebanyakan grafik primitif termasuk titik, garis, dan lingkaran. Masing-masing perintah atau fungsi dalam OpenGL mempunyai struktur dan format yang sama. Ini memudahkan anda untuk ‘menebak’ bagaimana jalannyafungsi ini. Berikut formatfungsi OpenGL.
  1. Sistem Koordinat OpenGL
  2. Fungsi gluOrtho2D(left,right,bottom,top)à gluOrtho2D(-320,320,-240,240)
  3. Instalasi GLUT pada windows dan aplikasi pengembangan Visual Studio 2008 Express
Persiapan Pembuatan Gambar Objek
Sesuaikan aplikasi grafik yang anda gunakan sesuai dengan OS yang anda pakai. Artinya jika anda memutuskanuntuk membuat aplikasi grafik dengan platform Windows maka downloadlah kepustakaan (library) Windows  à http://www. opengl.org.
GLUT tidak secara otomatis dapat diaplikasikan karena membutuhkan beberapa file tambahan antara lain glut.h, glut32.lib, glut32.dll yang harus disimpan pada lokasi tertentu sesuai dengan aplikasi pengembangan yaitu Visual Studio 2008 Express.
File DLL (Dynamic Link Library) adalah file library windows, merupakan kode yang sudah dikompilasi dan dapat digunakan oleh program lain.  Jika kita meletakan fungsi sub rutin ke dalam dll, berarti fungsi tersebut dapat diakses oleh semua program pada saat yang bersamaan.  DLL biasanya ditulis dengan bahasa C/C++, Delphi atau bahasa lainnya yang mendukung sistem operasi windows.
File header /header file  yaitu file yang berisi deklarasi fungsi dan definisi konstanta. Beberapa file header sudah disediakan di C. File-file ini mempunyai ciri bereksistensi .h. file-file header ini biasanya dipanggil menggunakan fungsi include.
Ada dua bentuk umum dari #include, yaitu
  1. #include <namafileheader.h>  berisi definisi fungsi2 dan konstanta dari compiler  contoh :    include  <stdio.h>
  2. #include “namafileheader.h”  berisi definisi fungsi2 dan konstanta buatan kita sendiri.

INSTALASI VISUAL STUDIO 2008
  1. Buka aplikasi

  1. Klik Visual C++ 2008
Di sini kita akan menggunakan OPENGL dengan environment Visual Studio 2008 dan bahasa c++. Agar kita bisa membuat program OpenGL maka ada beberapa hal yang perlu kita setting, yaitu:
Pertama,meletakkan file-file glut.h, glut32.lib, dan glut32.dll pada posisi yang tepat yaitu header file pada folder include, file lib pada folder lib, dan file dll pada folder dll:

  • glut.h: ‘C:\Program Files (x86)\Microsoft Visual Studio 10.0\VC\include\’
  • glut32.lib: ‘C:\Program Files (x86)\Microsoft Visual Studio 10.0\VC\lib\’
  • glut32.dll: ‘C:\Windows\System32\’
Catatan: untuk windows 64 bit, letakkan glut32.dll pada ‘C:\Windows\SysWOW64\’